Mengapa Indonesia Menjadi Bangsa yang Majemuk?:


 

•       Kondisi geografis indonesia yang mengakibatkan penduduknya menempati wilayah yang berbeda-bedadengan kesatuan suku yang berbeda-beda juga, juga letak indonesia yang sangat strategis di antara dua benua dan dua samudera yang sangat memungkinkan masuknya budaya asing, sehingga sangat mempengaruhi pluralitas kebudayaan indonesia.

•       Bentuk geografis indonesia yang merupakan negara kepulauan sehingga memungkinkan keberagaman adat-istiadat, agama, bahasa dari masing-masing suku bangsa yang ada.

•       Lingkungan hidup suku-suku bangsa yang bervariasi, seperti kesuburan tanah, iklim dan semua ini mempengaruhi pluralitas bangsa indonesia.

 

Konsekuensi sosial budaya apa yang mungkin timbul akibat kemajemukan bangsa indonesia?

Antara lain munculnya kesenjangan multidemensional baik dalam bidang ekonomi (pembangunan), pendidikan, kesehatan, tingkat kemakmuran, konflik antar suku bangsa, konflik antar agama, kesenjangan dalam partisipasi politik dan sebagainya.

Karakteristik kebudayaan bersifat superorganik: kebudayaan bersifat superorganik karena kebudayaan diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikut, sehingga kebudayaan itu tetap hidup terus menerus secara berkesinambungan.

 

About these ads

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.040 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: